Mengenal Struktur Tag Heading yang Disukai Google

oleh pada Tuesday 12 November 2013
Mengenal Struktur Tag Heading yang Disukai Google Bandung
Mengenal Struktur Tag Heading yang Disukai Google
Mengenal Struktur Tag Heading yang Disukai Google. Artikel kali ini hanya sekedar pengenalan tag heading dan fungsinya, belum mengulas tentang bagaimana membuat tag heading dinamis. Di kesempatan lain, akan kami bahas terpisah. Oke, langsung saja. Apa sih tag heading (heading tag) itu? perbedaan ukuran tulisan di sebuah konten. Sejauh ini kita mengenal tag heading mulai dari H1 hingga H6. Nah perbedaan ukuran inilah yang menjadi rekomendasi mesin pencari terutama google dalam menitikberatkan keyword mana yang diprioritaskan. Oleh karenanya sebisa mungkin tanam keywords pada tag heading ini.

Meski kita mengenal tag heading H1-H6, namun yang sering digunakan adalah tag heading H1, H2, H3, H4. Secara default template bawaan blogger memberikan pengaturan sebagai berikut.

  • H1 untuk judul blog
  • H2 untuk judul sidebar
  • H3 untuk judul postingan
  • H4 untuk poskan komentar

Hal ini berlaku disemua laman (halaman homepage, halaman single posting, halaman archive, halaman label, halaman statis, halaman penelusuran).

Skenario cara kerjanya, saat mesin pencari menelusuri sebuah halaman, maka yang paling diprioritaskan adalah tag heading H1 terlebih dahulu, kemudian berurutan sampai tag heading keatas. Nah yang menjadi kendala, saat mesin pencari mengakses halaman postingan. Padahal yang paling ditonjolkan adalah judul postingan (H3) bukan judul blog (H1). Tapi karena pengaturan default mau tak mau, mesin pencari memprioritaskan judul blog (H1) terlebih dahulu. Agar lebih memaksimalkan fungsi SEO On Page, maka perlu merubah judul postingan menjadi H1 di halaman single posting.

Berikut Pengaturan Tag Heading yang direkomendasikan teman - teman yang gandrung dunia SEO
- Di halaman Homepage Judul Blog (H1), Judul Postingan (H2)
- Di halaman Single Posting Judul Blog (Span "Tanpa Tag Heading"), Judul Postingan (H1)
- Judul Sidebar / Footer (H3/H4/H5/H6/Span "Tanpa Tag Heading")
- Artikel Terkait, Poskan Komentar (H4)
- Karena di Single Posting keberadaan H2 kosong (tidak ada), maka perlu memasukkan tag heading h2 di konten artikel. (Lihat blog kontes SEO, kebanyakan mempraktekkan cara ini)

Demikian informasi pengenalan awal mengenai tag heading semoga bermanfaat.

Terkait